Berkenalan Dengan CodeIgniter

CodeIgniter adalah salah satu framework yang populer di Indonesia, dan CodeIgniter juga berbasis open source atau di sebut sumber terbuka.

CodeIgniter merupakan aplikasi yang berupa kerangka kerja PHP dengan menggunakan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website yang dinamis menggunakan PHP.

CodeIgniter ini dibuat agar memudahkan para programmer, untuk membuat aplikasi yang berbasis web dalam waktu yang singkat.

CodeIgniter Dirilis pertama kali pada 28-Februari-2006. Sampai Versi CodeIgniter saat ini adalah 3.1.10

Pengertian MVC

MVC adalah konsep atau teknik yang memisahkan suatu komponen utama menjadi tiga komponen yang berada di dalam directory CodeIgniter yaitu (Model, View, dan Controller).

Model

Model adalah bagian yang mewakili struktur data. Biasanya berisi fungsi-fungsi yang dapat membantu seorang programmer dalam pengelolaan basis data seperti masukkan data ke basis data, pembaruan dan lain-lain.
Fungsi yang berhubungan dengan pengelolaan basis data di letakkan dalam directory Model.

View

View adalah bagian yang akan mengatur tampilan halaman ke user interface.
Halaman yang muncul pada browser adalah tampilan dari user interface, yang di kumpulkan pada directory View untuk memisahkan dengan directory Controller dan directory Model, agar memudahkan para programmer untuk pengembangan tampilan halaman website

Controller

Controller adalah kumpulan instruksi yang menghubungkan model dan view, jadi programmer tidak akan berhubungan dengan model secara langsung.

Intinya data yang tersimpan di basis data (Model) di ambil oleh controller dan kemudian controller juga yang menampilkannya ke view.

Jadi controller yang akan mengelolah instruksi dari penjelasan tentang model, view dan controller di atas.

Dapat kita simpulkan bahwa controller adalah penghubung dari Model dan View.

Kelebihan Framework CodeIgniter

  • Syntax yang terstruktur dan sangat rapi.
  • Sangat mudah dalam mengguanakannya.
  • CodeIgniter juga menyediakan fasilitas halper dan library yang dapat membantu programmer dalam membuat pagination, session, menipulasi url dengan cara cepat.
  • Keamanan yang lumayan karena user atau pengakses aplikasi tidak berhubungan langsung dengan database.

Kekurangan Framework CodeIgniter

  • Framework Codeigniter tidak menyediakan plugin-plugin secara resmi, jika ada kalian harus mencari plugin-plugin yang cocok untuk framework codeigniter ini.
  • Tidak di recommendasikan untuk membuat website dengan codeigniter ini, karena codeigniter ini tidak bisa menampung beban yang besar.
  • Tidak bisa membuat create project di terminal / cli semuanya harus kalian lakukan secara manual.