Berkenalan Dengan Controller CodeIgniter

Pada tutorial sebelumnya kita sudah berkenalan dengan uri segment codeigniter, dimana kalian sudah sedikit mengenal yang namanya uri segment pada codeigniter. Maka langkah selanjutnya kita akan berkenalan dengan controller pada codeigniter.

Untuk berkenalan dengan controller codeigniter ini saya akan jelaskan tentang cara membuat suatu controller pada codeigniter, pengaturan dasar dan cara menggunakan controller pada codeigniter.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada tutorial sebelumnya tentang berkenalan dengan codeigniter, bahwa codeigniter menggunakan metode MVC (model, view, controller) untuk menciptakan kode atau syntax yang bersih (clean).

Dapat di asumsikan untuk memahami konsep OOP (Object Oriented Programming) terlebih dahulu sebelum kita mulai mempelajarin codeigniter ini, dikarenakan codeigniter di bangun dengan menggunakan suatu konsep OOP (Object Oriented Programming)

Berkenalan Dengan Controller

Controller ini adalah suatu pengontrol atau pengatur, yang di maksud oleh pengontrol atau pengatur itu di sini adalah controller, dimana controller ini berperan sebagai pengatur dari aksi. Pada aplikasi yang akan kita bangun, misalnya jika di codeigniter controller yang berperan paling penting dari mulai mengirimkan suatu parameter, menangani input form (form handling), mengatur view dan model, mengatifkan atau memanggil suatu library dan halper codeigniter dan masih banyak lagi peran controller untuk membangun sebuah applikasi dengan menggunakan framework codeigniter.

Jadi untuk memahami cara penggunaan controller di codeigniter sekarang kita coba jalankan project codeigniter kita, yang sudah kita install pada localhost yang bernama websiteku.

langsung aja kita jalankan project kita di browser dengan url :

Setelah terbuka pada browser kalian halaman dari websiteku, maka akan muncul halaman welcome codeigniter. Dimana kita sudah tahu bahwasannya itu adalah tampilan halaman dari default codeigniter sendiri, yang sudah kita bahas pada tutorial sebelumnya mengenai cara menginstall framework codeigniter.

Pengaturan default dari controller yang sudah kita jalankan pertama kali adalah controller welcome, yang dapat kita lihat bahwasannya ada file di folder controller yang yang bernama welcome.php atau lebih jelasnya di folder (appliaction/controllers/welcome.php).

Jika kita perhatikan default saat pertama kali kita menginstall codeigniter dan mencoba untuk menjalankannya, controller codeigniter yang pertama kali di jalankan adalah controller welcome, saat kita menjalankannya pada browser maka yang pertama kali di panggil adalah welcome,. Hal ini juga dapat di lihat pada pengaturan routes codeigniter yang menetapkan controller welcome sebagai controller default, yang berarti di panggil, bukan project controller yang sudah kita letakkan pada localhost.

Pengaturan file routes.php diletakkan di :

application/config/routes.php

Dapat kita lihat pada pengaturan routes di atas, pengaturan default_controller di setting controller (welcome), dan terdapat juga pengaturan menangani halaman 404 atau halaman yang di tampilkan jika tidak di temukan saat mencari sesuatu di website tersebut.

Dan kita juga dapat mensetting halaman 404 dengan cara memasukkan controller yang ingin kita jadikan untuk menetapkan halaman 404 pada aplikasi kita.

Pada pengaturan $route[‘translate_uri_dashes’] = FALSE; adalah salah satu pengaturan untuk menetapkan nilai true atau false yang berarti untuk izin penggunaan tanda “-” (dash) pada controller url saat di jalankan.

controller default ini dapat kita akses langsung dengan alamat :

Jika kalian sudah membukanya maka tampilan kita akan sama, yang akan di munculkan controller secara default codeigniter yaitu controller “welcome”

atau bisa juga kita mengakses controllernya dengan menggunakan url :

Cara Membuat controller Pada CodeIgniter

Nah disni kita akan belajar bagaimana cara membuat suatu controller, seperti yang sudah kita ketahui bahwasannya suatu controller pada codeigniter ini defaultnya adalah “Welcome.php”.

Jadi kita sekarang ingin merubah suatu controller default dari codeigniter ini, nah sekarang coba kita buat suatu file yang kita berinama sebagai berikut :

application/controllers/Contoh.php

Penjelasan

Coba kalian perhatikan pada controller yang telah kita buat di atas, pertama kali yang harus kita lakukan adalah meng extends controller baru ini dengan CI_Controller.

Dan class harus di awali dengan huruf besar seperti contoh di atas yang telah kita buat. Dan ada juga yang harus di ingat bahwasannya kita harus memberi nama dengan file controller yang di buat tadi, karena tadi kita membuat controller Contoh.php maka penulisan class nya seperti di atas.

Syntax di atas akan berfungsi untuk mencegah akses langsung pada file controller, kemudian kita dapat membuat function construct() untuk menjalankan suatu fungsi yang kita inginkan pada saat controller di akses.

Biasanya pada fungsi construct() di letakkan fungsi untuk memanggil helper atau library.

Dan akan kita pelajarin pada Tutorial Belajar Dasar CodeIgniter nantinya

Oke kita lanjut lagi,,…

Kemudian kita sudah membuat 2 method pada Contoh.php yang kita berinama index dan nama :

Kemudian untuk menjalankan method index kita bisa mengaksesnya dengan url :

Untuk method index boleh tidak di tuliskan karena pada saat controller di akses, maka yang pertama di jalankan adalah method index.

Dan kita juga bisa menggunakan url seperti berikut ini :

Keterangan :

  • contoh adalah suatu controller
  • index adalah suatu method

Dan kita juga dapat mengakases method nama dengan url :

Nah sekarang kalau kalian ngin menjadikan controller contoh ini sebagai default halaman utamanya, maka kita harus menyetting di routes.php (application/config/routes.php)

untuk menyetting halaman defaultnya kalian tinggal ganti saja seperti ini :

menjadi seperti berikut ini :

Dan hasilnya akan menjadi seperti berikut ini :

Nah sampai disini pertemuan kita untuk sesi berkenalan dengan controller codeigniter, sampai jumpa di sesi selanjutnya