Berkenalan Dengan Javascript

Disini saya akan merilis Belajar Javascript Dasar yang berjudul Pengenalan Javascript terlebih dahulu semoga kalian selalu mensupport Ruangan Koding agar terus merilis article yang bermanfaat bagi anak bangsa Indonesia.

Langsung saja kita masuk ke tutorial Belajar Javascript Dasar Part 1..

Apa Itu Javascript ?

Javascript adalah bahasa script yang biasa jalan di browser, kalian bisa bilang client side programming. Client di sini adalah browser, seperti : ( Chrome, Firefox, Safari, Opera Mini dll ). Kode javascript biasanya disisipkan diantara kode-kode HTML. Dimana kalian bisa menulis kode javascript ? Kalian bisa menuliskan kode Javascript di teks editor kalian, Untuk kalian yang kebinggungan memilih teks editor. Kalian bisa melihat tutorial Belajar HTML Dasar Part 2 untuk memilih teks editor yang baik.

Apakah kalian butuh compiler untuk menjalankan Javascript ? Kalau menurut saya pribadi itu tidak perlu, kalian cukup menjalankan Javascript menggunakan web browser. Semua web browser mempunyai engine yang menginterpretasikan kode Javascript kalian

Memulai Javascript

Sekarang coba kalian tulis kode Javascript di bawah ini yang telah saya buat :

Kode Javascript yang saya tulis diantara tag, bisa kalian sisipkan di kode-kode HTML kita. Sekarang coba kalian simpan kode tersebut dengan Nama index.html, jika sudah kalian simpan double click pada index.html maka hasilnya akan seperti berikut ini :

Javascript bisa juga kalian tulis secara terpisah ( External ) sama hal nya dengan menyisipkan file CSS, dengan cara file diberi ekstension .js sebagai contohnya untuk membuat Javascript terpisah ( External )  sebagia berikut :

Sintaks Javascript

Sintaks Javascript mirip-mirip bahasa PHP, Javascript bersifat case sensitive, artinya huruf kecil dan huruf besar adalah berbeda. Setiap baris kode javascript dipisahkan dengan baris baru atau bisa juga dengan titik koma ( ; ). Komentar dalam javascript di awali dengan // atau bisa juga dengan /* dan diakhiri dengan */

Variable

Variable di Javascript bisa ditulis dengan diawali huruf atau underscore ( _ ) Sebagai contoh :

Deklarasi Variable

  • Kalian bisa mendeklarasi dengan menggunakan var, contohnya : var x = 10, ini bersifat local dan global ( bisa di akses oleh semua fungsi )
  • Atau langsung di deklarasikan tanpa var x = 10

Misalkan :

Sampai disini dulu pembahasan kita..