Berkenalan Dengan PHP

Selamat datang di tutorial belajar php dasar part 1, semoga rilisnya tutorial ini semakin banyak yang minat untuk belajar bahasa pemrograman dan meningkatkan kemampuan di bidang IT. PHP adalah singkatan dari (Hypertext Preprocessor), php adalah bahasa skrip yang telah ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak di gunakan untuk membuat program situs web yang dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS (Content Management System).

Apa itu Content Management System ?

CMS (Content Management System) adalah perangkat lunak yang telah digunakan untuk menambahkan, menipulasi atau mengubah isi dari situs web. Pada umumnya sebuah CMS (Content Management System) terdiri menjadi dua bagian yaitu :

  1. Aplikasi Manajemen (Content Management Application)
  2. Aplikasi Pengiriman (Content Delivery Application)

Element pada Content Management Application atau disingkat sebagai CMA digunakan untuk pengelolahan kontent yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML, untuk mengelola pembuatan, pengubahan, dan penghapusan isi dari content situs web.

Sedangkan Content Delivery Application atau disingkat sebagai CDA menggunakan dan menghimpuni informasi yang sebelumnya telah ditambah ke situs web untuk memperbarui situs web tersebut.

Sintax Dasar PHP

Pembatas

PHP bisa mengeksekusi kode yang kita tulis dalam pembatas sebagaimana yang telah ditentukan oleh sintaks php. Jadi apapun yang kalian tulis di luar pembatas itu tidak akan diproses oleh PHP. Jadi kode PHP bisa dipisahkan dari kode-kode yang lain seperti HTML, CSS, Javascript dll, dalam satu file.

Sebagai contoh pembatasan PHP sebagai berikut :

Variabel

Untuk penulisan variabel kita harus membuat simbol dolar ($). Pada versi PHP 5 sudah diperkanalkan yang namanya isyarat untuk memungkinkan suatu fungsi untuk memaksa mereka menjadi prameter object dari class yang tertentu contohnya seperti angka atau string. Contoh variabel dapat dituliskan sebagai berikut :

Jadi penulisan fungsi, nama class, nama variabel ini sensitif terhadap huruf besar dan kecil atau disebut sebagai (Case Sensitive), yang artinya huruf besar dan huruf kecil itu berbeda. Jadi jangan sampai salah menuliskan nama variabel kalian, agar tidak terjadinya error pada saat membuat suatu variabel di php.

Komentar

Komentar pada PHP ini dibagi menjadi 3 (tiga) bagian, di saat kita menuliskan script php, contoh komentar ini sebagai berikut :

Jadi kalian dapat menggunakan salah satu contoh komentar pada PHP ini. Kegunaan dari komentar ini, kalian dapat membuat suatu komentar semisalnya kalian ingin memberi tahu bahwasannya script yang kalian buat itu buat apa, saya contoh jika kalian membuat suatu header di php, pastinya jika tidak kita buat komentar pada bagian atas, pastinya nanti kalian kebinggunan saat mencari script header tersebut.

Fungsi

Contoh fungsi yang saya sediakan ini adalah dari PHP dan serta ribuan lainnya yang tersedia melalui berbagai ekstensi tambahan. Fungsi-fungsi ini didokumentasi dalam dokumentasi PHP, namun dalam berbagai tingkat pengembangan ini memiliki berbagai konvensi penamaan. Contoh fungsi yang telah saya tulis sebagai berikut :

Cara Membuat Program Pertama Di PHP

Atau kalian bisa juga menggunakan terminal linux untuk menjalankan program pertama kalian dengan contoh sebagai berikut :

Sampai disini pertemuan kita untuk berkenalan dengan php, sampai jumpa di part selanjutnya