Cara Menggunakan Web Server PHP

Pada kesempatan ini kita akan belajar cara menggunakan web server php. Dimana web server php ini sudah lama dirilis saat  PHP 5.4.0, SAPI CLI, yang biasanya digunakan untuk debugging para programmer agar mempermudah untuk melihat syntax” error pada projectnya.

Web server ini akan menjalankan 1 project saja saat kita ingin menggunakannya, berbeda dengan apache (localhost) yang bisa menampung semua project kita sekaligus, hanya dengan menyimpan di directory apache (localhost) tersebut, biasanya directory apache (localhost) itu berada di /var/www/html/ atau jika menggunakan XAMPP C://xampp/htdocs/ .

Permintaan URI yang dilayani dari directory kerja saat di mana PHP di mulai, opsi -t digunakan untuk menentukan root documents kita. Jika permintaan URI tidak menentukan file, maka index.php atau index.html di directory yang diberikan akan dikembalikan. Jika tidak ada file, pencarian untuk index.php dan index.html akan dilanjutkan di directory induk dan seterusnya sampai ditemukan atau root documents telah tercapai. Jika index.php atau index.html ditemukan, ia akan dikembalikan dan $_SERVER [‘PATH_INFO’] diatur ke bagian akhir dari URI. Kalau tidak, kode respons 404 dikembalikan.

Sebagai contoh untuk menggunakan server php sebagai berikut

php -S localhost:8080

Nah jika kalian sudah menjalankannya juga, kalian bisa langsung masuk ke localhost dengan port 8080. Dan kalian bisa lihat di gambar bahwasannya document root berada di /home/dev, karena kita tidak mengubah directory root maka default yang di berikan php adalah /home/dev. Kita bisa mengganti directory tersebut dengan Options -t sebagai contoh seperti dibawah

php -S localhost:8080 -t Documents/

Nah disitu kalian bisa lihat bahwasannya document root kita sudah berada di documents, jadi kesimpulannya adalah, jika kalian ingin mengganti directory project kalian maka kalian bisa menggunakan options -t sebagai memilih directory yang kalian inginkan.

Sekarang kalian coba buat suatu folder dengan nama testwebserver

Jika kalian menggunakan linux maka ikuti langkah ini !!!

$mkdir testwebserver
$cd teswebserver
$tnano index.php

Jika kalian menggunakan windows maka kalian bisa membuat suatu folder dan index.php dengan cara menual yak ^_^

Dan kemudian isi index.php sebagai berikut

Dan kemudian jalankan kembali server phpnya, maka hasilnya akan seperti dibawah

Dan kemudian kalian buka dengan alamat url yang ada di listening CLI kalian, dan lihat hasilnya akan seperti berikut

Nah sekarang kita sudah berhasil menjalankan PHP dengan menggunakan server php yang sudah di bangun pada php versi 5.4

Kesimpulannya, jika kalian berada pada directory dimana letak project kalian, maka secara otomatis server php akan membaca pada directory dimana kalian berada.

Dan jika kalian tidak berada pada directory project kalian maka kalian bisa menggunakan Options -t sebagai directory yang harus di baca oleh server PHP

Sampai disini dulu pembahasan kita tentang Cara Menggunakan Server PHP semoga dapat membantu bisa menjadi pembelajaran kalian yang bermanfaat