Pengertian Dan Pengenalan CSS

CSS merupakan singkatan dari “Cascanding Style Sheets”, sesuai dengan namanya CSS memiliki sifat “style sheet language” yang berarti bahasa pemrograman yang digunakan untuk seorang web design. CSS adalah bahasa pemrograman yang di gunakan untuk mendesign sebuah halaman website, dalam mendesign halaman website, CSS menggunakan penanda yang kita kenal dengan id dan class.

Seperti yang sudah kita pelajarin tentang pengenalan id dan class pada tutorial belajar HTML dasar sebelumnya di ruangankoding.id

Seiring berkembangnya dunia pemrograman dan teknologi, CSS tidak cuma di gunakan di HTML dan XHTML saja, tetapi sudah bisa di gunakan untuk mendesign tampilan aplikasi android.

CSS di akses menggunakan id atau class, untuk contoh penulisannya perhatikan pada contoh yang saya buat :

Fungsi dan Kegunaan CSS

CSS dapat mengubah tulisan, ukuran tulisan, warna dan format tulisan, dengan mengatur ukuran layout, lebar, tinggi dan warna element, mengubah tampilan form, mengubah halaman website yang responsive dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan dengan CSS yang tidak akan habis saya tuliskan semuanya di tutorial belajar CSS dasar ini.

Untuk mendesain font dapat dilakukan dengan mendefinisikan font, untuk mengatur warna bisa menggunakan color, margins digunakan untuk mengatur jarak pada luar element tertentu.

Mengatur warna atau gambar pada latar belakang bisa menggunakan ( background ), untuk mengatur ukuran font dapat menggunakan ( font size ).

Jenis font menggunakan (font-family) dan banyak lagi yang lainnya.

Cara Penggunaan CSS

File CSS di simpan dengan ektensi .css kemudian di import atau di hubungkan kedalam file HTML atau PHP yang ingin kita design dengan CSS menggunakan syntax berikut ini :

Dengan tag <link> seperti di atas di gunakan untuk menghubungkan file HTML dengan file CSS, Syntax di atas di letakkan pada file HTML.

Pada attribut rel dan type di tag link di atas di gunakan untuk mendefinisikan bahwa yang di panggil atau yang di hubungkan adalah file style sheet atau CSS, kemudian attribut href digunakan untuk meletakkan lokasi file CSS.

Pada contoh di atas file style.css terletak pada satu directory dengan file html yang di tambahkan syntax di atas.

Jika file CSS di letak di luar folder maka kita harus menghubungkannya dengan :

Jika file css terletak dalam sebuah folder. Katakan saja saya membuat nama foldernya ( assets ) maka cara untuk menghubungkannya dengan cara :

Nah sekian lah tutorial dasar tentang belajar CSS pengertian dan pengenalan CSS, selanjutnya akan kita bahas tentang cara penulisan syntax CSS.